RANGKUMAN JURNAL BIOINFORMATIKA


pada tugas kali ini saya akan merangkung jurnal tentang bioinformatika dengan tema hipertensi
Nama     : Ade Andriyana
NPM      : 50412119
Kelas     : 4IA04


I.                  PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pada saat ini kesadaran masyarakat akan kesehatan masih dan pemerikasaan kesehata sangat kurang, permasalahan kesehatan yang sering menimpa masyarakat Indonesia adalah hipertensi (tekanan darah tinggi). Penyakit yang sering dianggap sepele namun mempunya efek yang fatal yang bisa berujung kematian. Faktor yang menyebabkan masyarakat yang kurang melakukan pemerikasaan secara rutin adalah faktor ekonomi, pemeriksaan kesehatan secara rutin dirumah sakit diangga pemborosan karena biaya rumah sakit yang relatif mahal.
Resiko yang dapat ditimbulkan akibat penyakit hipertensi harus dipahami oleh masyarkat. Karena dengan mengabaikan resiko yang ditimbulkan akan menyebabkan penyakit hipertensi yang lebih berat. Membiarkan hipertensi berkakibat jantung akan bekerja lebih keras dan membiarkan perusakan di pembuluh darah. Seseorang dikatakan hipertensi jika tekanan darahnya di atas normal yaitu tekanan sistolik- nya 140 mmHg atau lebih dan tekanan diastolik- nya di atas 90 mmHg atau lebih.
Tekanan darah dapat diketahui atau diukur dengan menggunakan alat disebut tensimeter, tensimeter menggunakan air raksa dalam tabung berskala sebagai penunjuk hasil pengukurannya. Jika disetiap rumah memiliki tensimeter masyarakat akan lebih mudah memeriksa tekanan darah secara berkala tanpa mengeluarkan biaya.
Dari permasalah diatas penulis akan merangkum teknlogi-teknlogi yang berkaitan dengan pengukuran tekanan darah yang berasal dari beberapa jurnal.

1.2 Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah :
a           .       Lebih mengetahui tentang alat ukur dan penyakit hipertensi
b           .      Perkembangan teknologi yang berkaitan dengan tekanan darah

1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan ini adalah :
a          .       Penulisan ini mengenai tentang alat ukur dan penyakit hipertensi
b          .      Membahas tentang teknologi yang berkaitan dengan tekanan darah
c          .       Materi penulisan ini menganalisa dari 3 jurnal dengan judul :
·         Pemantau Tekanan Darah Digital Berbasis Sensor Tekanan MPX2050GP (N. Yazid dan A. Harjoko)
·   Rancang Bangun Modul Alat Ukur Medical Check-Up Berbasis Mikrokontroller ATMEGA8535 (Faizatul Fitri, Wildian)
·  Klasifikasi Penyakit Hipertensi Menggunakan Fuzzy Inferency System Dengan Menggunakan Metode TSUKAMOTO (Taufik Kurnialensya dan Abdul Syukur)



II.               ANALISA JURNAL

2.1 Analisa Jurnal 1
·         Judul Jurnal 1
Pemantau Tekanan Darah Digital Berbasis Sensor Tekanan
·         Penulis
N. Yazid dan A. Harjoko
·         Metode
Penelitian ini menggunakan metode rancang-bangun alat. Metode rancang-bangun alat ini meliputi perancangan perangkat keras (hardware) dan perancangan perangkat lunak (software) dengan menggunakan bahasa pemograman Bahasa C.
·         Perancangan
Sistem kerja pemantau tekanan darah ini terdiri dari sistem perangkat keras dan sistem perangkat lunak. Sistem perangkat keras alat ini terdiri dari mikrokontroler AVR ATMega 32 dan Push Button yang berfungsi sebagai pengendali kerja alat, sensor MPX2050GP berfungsi sebagai pendeteksi adanya tekanan darah, operational amplifier AD620AN dan OPA2277 sebagai penguat sinyal dari keluaran sensor MPX2050GP, rangkaian optocoupler LTV4N35 sebagai saklar digital, LCD 2 lines sebagai penampil, serta airpump dan valve sebagai pemompa dan pengatur angin yang akan masuk ke manset (handcuff). Sedangkan sistem perangkat lunak alat ini adalah program yang dibuat menggunakan software CodeVision AVR.
·         Hasil
Penelitian yang dilakukan dengan cara menggabungkan semua rangkaian yang telah dibuat berdasarkan rancangan sistem yang ada yaitu sistem pemantau tekanan darah digital berbasis sensor tekanan MPX2050GP

2.2 Analisa Jurnal 2
·         Judul Jurnal 2
Rancang Bangun Modul Alat Ukur Medical Check-Up Berbasis Mikrokontroller ATMEGA8535
·         Penulis
Rancang Bangun Modul Alat Ukur Medical Check-Up Berbasis Mikrokontroller ATMEGA8535
·         Metode
Penelitian ini menggunakan metode rancang-bangun alat. Metode rancang-bangun alat ini meliputi perancangan perangkat keras (hardware) dan perancangan perangkat lunak (software) dengan menggunakan bahasa pemograman BASCOM-AVR
·         Perancangan
Teknik penelitian yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari studi literatur, pembuatan catu daya, pengujian sistem sensor temperatur tubuh, pengujian sistem sensor tekanan darah, pengujian sistem sensor detak jantung, pengujian modul alat ukur medical check¬up, pembuatan rangkaian secara permanen mulai dari penyolderan pemasangan alat dan komponen serta pengaturan sistem rangkaian, pembuatan program, pengujian akhir meliputi perangkat keras dan perangkat lunak serta analisis data.
·         Hasil
Rancang bangun modul alat ukur medical check-up membutuhkan catudaya dengan tegangan +5 V, +12 V dan -12 V. Catudaya +5 V digunakan untuk rangkaian sistem sensor temperatur tubuh, tekanan darah, detak jantung, dan rangkaian sistem minimum mikrokontroler. Selain itu, catudaya +12 V dan -12 V digunakan untuk rangkaian penguat tak-membalik dan rangkaian schmitt trigger yang ternyata tidak berpengaruh dengan tingkat keberhasilan alat.

2.3 Analisa Jurnal 3
·         Judul Jurnal 3
Klasifikasi Penyakit Hipertensi Menggunakan Fuzzy Inferency System Dengan Menggunakan Metode TSUKAMOTO
·         Penulis
Taufik Kurnialensya dan Abdul Syukur
·         Metode
-          Pengumpulan Data
-          Preprocessing
-          Fuzzyfication
-          Defuzzyfication 
·         Hasil
-          Dengan menggunakan metode tsukamoto terdapat kesamaan 278 dari 300 data atau tingkat akurasi mencapai 92,67%.
-          Dengan menggunakan metode Mamdani terdapat kesamaan 232 dari 300 data atau tingkat akurasi mencapai 77,33%.
-          Dengan menggunakan metode Sugeno terdapat kesamaan 202 dari 300 data atau tingkat akurasi mencapai 67,33%.



III.           KESIMPULAN


Dari ketiga jurnal tersebut dengan menggunakan teknologi komputer berupa hardware maupun software bisa dibuat sebuat alat pengukur tekanan darah dengan tujuan mempermudah pengukuran dan ketepatan sehingga mendapatkan data yang akurat. Dengan alat yang sudah dikembangkan semua orang bisa menggunakan termasuk seseorang yang tidak memiliki pengetahuan khusus tentang alat medis.

0 komentar:

Posting Komentar

Total pengunjung

free counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Ade Andriyana

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger