TESCA




I.       Info Tentang TeSCA

Telkom Smart Campus Award atau yang biasa di sebut dengan TeSCA merupakan sebuah program dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerja sama dengan Dikti, Detiknas, kementrian pendidikan dan kembudayaan, dan juga Aptikom. Untuk melihat dan menilai sejauh mana sebuah perguruan tinggi memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pada tahun 2008 program TeSCA pertama kali dijalankan dan terus berlanjut setiap tahunnya dengan beberapa penyempurnaan.
Pada TeSCA ini menggunakan sebuah metode ZEN Framework, metode itu akan mengukur beberapa bagian seperti aplikasi, SDM, komponen kebijakan dll. Metode tersebut tersusun dalam 8 parameter
1.    Suprastruktur Kampus
2.    Infrastruktur Teknologi
3.    Profil Pemangku Kepentingan
4.    Ragam Pemanfaatan Aplikasi
5.    Strategi Pendidikan Nasional
6.    Dampak dan Manfaat penerapan Teknologi
7.    Komunitas Eksternal
8.    Adopsi Trend



II.       Tujuan dari TeSCA

Tujuan di selenggarakan program TeSCA ini adalah memajukan dunia pendidikan perguruan tinggi dengan meningkatkan dari information and communication technology. Sehingga pada perguruan tinggi bisa memotivasi untuk melakukan inovasi dan kreativitas agar bisa memanfaatkan dan meningkatkan penggunaak teknologi informasi dan komunikasi.



III.       Manfaat dari Mengikuti TeSCA

Setiap perguruan tinggi yang mengikuti TeSCA akan mendapatkan laporan nilai dari TIK yang sedang dijalaninya, nilai tersebut bisa dibandingan dengan perguruan tinggi lainnya untuk melihat skor rata-rata. Bukan hanya itu, TeSCA juga memberikan gambaran perguruan tinggi di ASEAN sehingga bila di sebuah perguruan tinggi ada yang nilainya dibawah rata-rata bisa dijadiakan bahan evaluasi. Jadi perguruan tinggi tersebut menerima bahan rujukan untuk meningkatkan dan mengembangkan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.



IV.       Bagaimana cara penilaian pada TeSCA?

Yang pertama setiap perguruan tinggi yang mengikuti TeSCA wajib mengisi kuisioner, pengisian kuisioner dilakukan oleh pihak resmi dari kampus sendiri. Kemudian akan dilakukan penilain berdasarkan indeks oleh juri dari TeSCA, kemudian para juri akan melakukan verifikasi data dan akan membuat pemeringkatan data secara sementara.
            Setelah itu akan dipilih beberapa perguruan tinggi yang akan dikunjungi oleh tim juri dari TeSCA, hal ini dilakukan untuk verifikasi langsung dan melihat lokasi kemudian juri bertemu dengan penanggung jawab TIK di kampus masing-masing. Pada tahap akhir para juri akan berkumpul dan memberikan penilaian-penilaian yang telah dilakukan terhadap perguruan tinggi yang di kunjungi. Pada tahap itu pula pemeringkatan akhir akan di tentukan dan laporan penilaian akan diberikan kepada perguruan tinggi yang bersangkutan.



V.       Bagaimana Cara Mengikuti TeSCA?

Berikut adalah cara atau langkah-langkah dalam mengikut TeSCA
1.    Membuka Web TeSCA  www.tescaindonesia.org
2.    Melakukan pendaftaran
3.    Mengisi kuisioner
Mengisi kuisioner terbagi 2
·         Secara online
·         Secara manual
4.    Kemudian setiap perguruan tinggi melampirkan dokument-dokument untuk mendukung program TIK di kampusnya

0 komentar:

Posting Komentar

Total pengunjung

free counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Ade Andriyana

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger